3.12.13

Apa yang Aku Dapet Hari Ini

Tanggal, 3 Desember 2013. Kuliah Teori Pembelajaran oleh Bp. Dwijanto


  1. Budaya lokal tidak selalu betul, maka gunakanlah AGAMA sebagai pedoman
  2. Asal mula "mengapa orang jawa kebanyakan tidak boleh punya gawe di bulan Suro?" karena pada dahulu kala, disaat zaman kerajaan. Raja tahu bahwa bulan suro adalah bulan yang paling baik. oleh karena itu sang raja setiap punya hajat dijatuhkan di bulan suro. sehingga, untuk mencegah rakyatnya punya hajat di bulan suro juga, rakyat dipengaruhi agar tidak punya hajat di bulan suro. karena akan sangat merepotkan jika raja dan rakyatnya punya kerja di saat yang bersamaan. itu sekedar kebudayaan. dan kebudayaan setiap daerah akan berbeda. oleh karena itu sebaiknya tidak berpegangan pada kebudayaan, namun tetap menghormati kebudayaan.
  3. Untuk matematika diperlukan cara yang membutuhkan proses, tidak hanya instan. sebagai contoh, bimbel yang bisa memasukkan anak ke PTN favorit "mungkin" akan tidak bertanggung jawab untuk kelanjutan anak tersebut. apalagi jika kuliah mengambil matematika, karena matematika itu perlu pembuktian dan bukan hanya rumus-rumus singkat saja yang disampaikan. ini bukan berarti bimbel itu jelek, hanya saja perlu tetap mengerti bagaimana itu proses. dan sangat tidak baik jika bergantung dengan bimbel.
  4. GEOMETRI adalah materi matematika yang menyeimbangkan antara otak kiri dengan kanan. seorang anak sebaiknya belajar GEOMETRI agar lebih mengerti matematika.
  5. Mengapa kata "BUJUR SANGKAR" digantikan dengan persegi? karena jika dikaitkan dengan bahasa kata "bujur" adalah kata yang tidak sopan untuk beberapa daerah. jadi, untuk kesepakatan kata yang dipakai adalah SQUARE yang kemudian diartikan sebagai kata persegi.
  6. Mana yang duluan antara persegi dan persegi panjang? kata pak Dwi: jangan mendefinisikan sesuatu, tapi memakai konsep satu untuk mengerti konsep satunya. jadi belajar matematika tidak harus selalu mendefinisikan. karena terdapat beberapa kata matematika tidak mempunyai definisi.



Demikian kuliah saya hari ini, banyak sekali yang saya dapat. Terimakasih untuk Bapak dosen,



Dora

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

komennn yaaaa......... ^_^!